081210210966
087771771906
Mastagiri Agro
Menu

( pcs)
BarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Selesai Belanja
KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

11 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Labu/Pumpkin

Saturday, June 18th 2016.

11 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Labu/Pumpkin

Labu atau Pumpkin, buah yang identik dengan festival halloween ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan tidak hanya bagian daging buah, namun juga bagian kulit dan biji dari labu juga bermanfaat untuk kesehatan.
Berikut 11 Hal yang harus anda ketahui tentang labu yang diambil dari berbagai sumber.

11 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Labu/Pumpkin

1. Labu mempunyai banyak varietas, lebih dari 40 jenis labu, tetapi baru sedikit yang  dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan. Disisi lain, buah dari tanaman merambat ini sangat kaya akan kandungan gizi. Banyak pakar gizi dan kesehatan berpendapat jika labu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang diungkapkan Prof. Hembing  Wijayakusuma, seorang pakar kesehatan alternatif, menurutnya labu dapat mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, diabetes dan memperlancar proses pencernaan.

2.  Labu terdapat 49 kalori per 250 gramnya, itu artinya labu hampir bebas lemak dan sekaligus dapat membantu untuk mengurangi kolesterol. Sangat tepat digunakan untuk diet lemak dan menurunkan kolesterol.

3. Kulit labu mangandung  magnesium, kalium dan seng yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan, yaitu baik untuk kekebalan, kekuatan dan kepadatan tulang. Labu juga sangat bagus untuk membantu melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Warna Labu Warna pada labu mengandung beta-karoten yang tinggi, sebuah antioksidan yang mengubah vitaminA dan membantu mengurangi risiko kanker tertentu dan penyakit jantung. Mengandung B-Kompleks vitamin seperti folat, niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin, dan asam pantotenat, dan mineral seperti tembaga, kalsium, besi dan fosfor.

5. Jika daging buah labu kuning biasanya diolah untuk menjadi minuman yang menyegarkan seperti bahan es campur dan kolak, maka untuk mengonsumsi biji labu kuning biasanya dengan cara dibuat menjadi kwaci. Biji labu kering, dipanggang menjadi kwaci adalah sumber protein, mineral, vitamin dan asam lemak Omega-3.

6. Dari sekian banyak jenis labu, Labu kuning (Cucurbita moschata) paling sering digunakan dalam masakan. Beragam jenis hidangan bisa dibuat dari buah ini, mulai dari kolak, sup, cake hingga kue-kue basah seperti talam dan kue lumpur. Teksturnya yang lembut dengan rasa sedikit manis cocok dipadu padan dengan beragam bahan. Dari gizinya pun tidak mengecewakan, setiap 100 gr labu mengandung 34 kal,  1.1 protein, 0.3 lemak, 0.8 mineral dan 45 mg kalsium.

7. Labu Butternut, Varietas ini rasa dan warnanya mirip labu kuning namun bentuknya oval dengan tekstur daging buah lebih lembut. Sangat cocok dijadikan aneka dessert seperti pudding, cake atau kolak. Seperti labu kuning, Butternut Pumpkin juga sangat kaya vitamin A, C, Mineral dan Serat. Benih Butternut pumpkin klik disini.

8. Labu Kabocha dipercaya berasal dari Jepang. Labu Kabocha sepintas mirip dengan labu kuning yang biasa ditemui di Indonesia, namun bentuknya yang lebih kecil dan bulat membuat labu ini menjadi khas. Dapat dimasak menjadi
beragam masakan seperti soup, stew sayuran, atau hidangan penutup. Benih Kabocha klik disini.

9. Labu Spaghetti adalah variasi labu berbiji dari labu musim dingin yang bernutrisi dan lezat. Ketika labu spaghetti dimasak, dagingnya jatuh dari buahnya dalam bentuk helai atau pita, menyerupai spaghetti. Labu dapat disiapkan dalam berbagai cara termasuk direbus, dipanggang, dan dibakar. Benih Spaghetti klik disini.

10. Cara Memilih, memotong dan menyimpan labu : Pilih labu yang memiliki gagang buah sepanjang 1 sampai 2 inci dari batang. Hindari memilih labu dengan noda dan bintik-bintik. Ketika memotong labu, awali dengan menyingkirkan batang lebih dahulu. Potong sebanyak yang dibutuhkan dan jika tidak langsung dimakan, dinginkan dilemari es.

11. Yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi labu yaitu labu termasuk diuretik, yaitu memiliki sifat dapat membantu membilas racun dalam tubuh. Jika terlalu banyak makan labu dapat menyebabkan berlebihan buang air kecil. Jadi, meskipun labu enak dan bergizi, jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsinya. Konsumsi secara teratur dan secukupnya.

Dengan manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan, tunggu apa lagi Mari budidaya Labu/Pumpkin sekarang juga…

Produk terbaru


KONTAK KAMI

087 771 771 906


SMS 081 210 210 966


service@mastagiriagro.com


LOKASI

HEAD OFFICE
Wates, Kab.Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta - 55611