082121209100
087771771906
Mastagiri Agro
Menu

( pcs)
BarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Selesai Belanja

Cara Menyemai Melon Supaya Tumbuh Bersamaan

Saturday, March 18th 2017.

Untuk perkebunan skala industri terkadang kita menemui kendala pada persemaian. Benih Melon varietas yang kita inginkan terkadang pertumbuhannya tidak berbarengan, tidak sesuai dengan harapan kita. Padahal di sisi lain untuk perkebunan industri, kita membutuhkan persemaian yang tumbuhnya seragam, kalau pun selisih maka tidak lebih dari 3 hari.

Berikut ini kami berikan tips dan trik menyemai Melon supaya tumbuh bersamaan.

  1. Pastikan kita menanam benih yang merupakan produk dari perusahaan bonafit, dengan varietas yang sudah teruji di lapangan. Pastikan juga benih yang ditanam tidak melebihi masa kadaluarsanya, sehingga kualitas benih bisa dipertanggung jawabkan.
  2. Langkah pertama adalah merendam benih dengan air hangat bersuhu 45 – 50 derajat Celcius (jangan lebih dari 50 derajat Celcius). Fungsi perendaman ini untuk mengaktifkan sel-sel dorman, melunakkan kulit benih dan menyebabkan pengembangan embrio dan endosperm, sehingga menyebabkan kulit benih menjadi pecah.
  3. Sewaktu air yang digunakan untuk merendam sudah dingin, tambahkan 1 siung bawang merah yang digeprek ke dalam air rendaman. Bawang merah ini berfungsi sebagai  zat perangsang akar alami. Lakukan perendaman selama 1 X 24 jam (jangan lebih). Simpan mangkok / gelas yang berisi rendaman benih di tempat yang gelap.
  4. Setelah 1 X 24 jam, ambil kain yang bersih, bisa juga memakai kaos kaki bekas. Basahi kaos kaki tersebut dengan air, kemudian masukan benih-benih yang sudah direndam tadi ke dalam kaos kaki. Simpan di dalam wadah terbuka selama 2 X 24 jam. Jaga kelembapan kaos kaki tadi dengan menyemprotkan air selama 6 jam sekali. Penyemprotan dilakukan hanya sampai kaos kaki menjadi basah saja, jangan sampai menjadi becek. Simpan wadah berisi kaos kaki tadi ke dalam tempat yang gelap.
  5. Setelah 2 X 24 jam di dalam kaos kaki, maka benih akan pecah semua dan mulai jadi kecambah. Siapkan tray semai, kemudian isi dengan media semai. Di sini kami menggunakan media Kascing (bekas Cacing, bukan bekas Kucing 😀 ). Buat lubang pada media di tray semai, lalu pindahkan kecambah ke dalam tray semai dengan posisi calon akar menghadap ke bawah. Tutup setiap lubang dengan media semai lalu siram dengan air hingga media menjadi jenuh air. Jaga kelembapan media persemaian dengan menyemprotkan air setiap 6 jam sekali, tapi jangan sampai terlalu becek. Setelah itu simpan tray semai yang sudah berisi benih tersebut di tempat yang gelap.
  6. Dalam 2 X 24 jam setelah pindah kecambah maka kecambah akan mulai bermunculan ke permukaan tray semai. Setelah usia ini, tray semai harus terkena sinar matahari pada siang hari supaya tanaman muda bisa berkembang dengan baik. Tetap jaga kelembapan media tanam dengan penyemprotan rutin setiap 12 jam sekali (pagi dan sore).
  7. Setelah kulit biji terlepas dan daun semu mulai mekar, maka tambahkan KNO3 sebesar 1% (1 gram per 1 liter air) + Calcium Nitrat 1% (1 gram per 1 liter air) pada air yang digunakan untuk menyiram, sampai waktunya pindah ke lapangan.

Mudah bukan? Hanya membutuhkan waktu 5 hari untuk menyemai benih Melon agar supaya tumbuh secara bersamaan. Selamat mencoba.

Benih Melon Golden Sakata “Eagle” bisa Anda dapatkan disini.

Benih Melon lainnya bisa Anda dapatkan disini.

Media KASCING bisa Anda dapatkan disini.

Produk terbaru


KONTAK KAMI

087 771 771 906


SMS 0821 2120 9100


service@mastagiriagro.com


LOKASI

HEAD OFFICE
Wates, Kab.Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta - 55611