082121209100
087771771906
Mastagiri Agro
Menu

( pcs)
BarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Selesai Belanja
KAMI MOHON MAAF, SEMUA PELATIHAN OFFLINE YANG SUDAH DIJADWALKAN DITUNDA SAMPAI PANDEMI COVID 19 BERAKHIR DAN UNTUK SEMENTARA SEMUA PELATIHAN DILAKUKAN DALAM BENTUK WEBINAR ONLINE.

Tips Perawatan Tanaman Khusus Tomat

Thursday, March 2nd 2017.

1. Masa panen untuk Tomat adalah 90-100 hari setelah tanam di Polybag.
2. Umur maksimal tanaman Tomat sebelum kering dan mati sendiri adalah 120 hari kecuali Italian Tree yang bisa mencapai 300 hari baru mati.
3. Kecuali Tomat jenis SEMAK (Bush Cherry, Minibell Cherry, Garden Pearl) tanaman Tomat memerlukan pemotongan tunas yang tumbuh di ketiak daun (Sucker) secara berkala supaya tidak bercabang (Pruning).
4. Prunning sebaiknya dilakukan setiap 3 hari sekali sesudah tunas di ketiak daun mulai terlihat tumbuh.
5. Kecuali Tomat jenis SEMAK, disarankan untuk tidak membiarkan tanaman Tomat bercabang. Pelihara satu batang lurus ke atas, topang dengan bambu kecil atau tali majun supaya tanaman tidak rebah.
6. Kecuali Tomat jenis SEMAK, pemilihan dan sortir bunga yang akan dibesarkan menjadi buah WAJIB dilakukan.
7. Untuk Tomat Besar (Amana Orange, Marglobe, Big Raibow, Black Prince, Costoluto, Hillbily, Oxheart, dll), dari paling bawah hingga ujung tanaman disarankan hanya memelihara 4 tandan buah saja maksimal. Pemeliharaan lebih dari 4 tandan menyebabkan pembesaran buah TIDAK MAKSIMAL.
8. Apabila tanaman sudah mengeluarkan 4 tandan bunga, harus dilakukan TUTUP PUCUK dengan cara memotong tunas batang baru pada pucuk tanaman, sehingga hal ini akan menghentikan tanaman untuk terus tumbuh ke atas. Setiap tandan disarankan hanya membesarkan sampai 6 tangkai buah saja, karena pembesaran lebih dari 6 tangkai buah menyebabkan buah TIDAK MEMBESAR SEMPURNA.
9. Untuk Tomat Sweety Cherry, Large Red Cherry, Gardeners Delight, Red Pear, Yellow Pear, Black Roman, dan Riesentraube, dari paling bawah hingga ujung tanaman disarankan hanya memelihara 5 tandan buah maksimal.
10. Pemeliharaan lebih dari 5 tandan menyebabkan perkembangan buah TIDAK MAKSIMAL. Apabila tanaman sudah mengeluarkan 5 tandan bunga, harus dilakukan TUTUP PUCUK dengan cara memotong tunas batang baru pada ujung tanaman, sehingga hal ini akan menghentikan tanaman untuk terus tumbuh ke atas. Setiap tandan disarankan hanya membesarkan sampai 14 tangkai buah saja, karena pembesaran lebih dari 14 tangkai buah menyebabkan buah TIDAK TUMBUH SEMPURNA.

Produk terbaru


KONTAK KAMI

087 771 771 906


SMS 0821 2120 9100


service@mastagiriagro.com


LOKASI

HEAD OFFICE
Wates, Kab.Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta - 55611